Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Mengapa Bulu Hidung Bisa Gatal?

Jika Anda sering mengalami rasa gatal karena bulu hidung, maka Anda sudah berada di artikel yang tepat. Kali ini kita akan membahas secara cukup rinci terkait bulu hidung yang menyebabkan rasa gatal pada organ penciuman Anda. Hidung yang gatal tentu saja membuat Anda merasa kesal juga tak nyaman. Pada akhirnya, karena rasa gatal yang tak tertahankan Anda akan menggaruk hidung. Aktivitas ini bisa menyebabkan hidung menjadi lecet dan berdarah. Jika Anda mengucek hidung, itu juga tak aman, karena dapat mengakibatkan mimisan. Cukup banyak orang yang sudah mengalami kondisi ini. Silahkan baca kelanjutannya.

Mengapa Bulu Hidung Bisa Gatal?

Bulu hidung yang terlalu panjang

Terkadang Anda mungkin merasa bahwa bulu hidung Anda terlalu panjang. Bulu hidung ini biasa disebut dengan rambut hidung. Sesungguhnya bulu atau rambut hidung yang panjang bukan menjadi penyebab rasa gatal di hidung. Banyak orang yang memiliki bulu hidung panjang tetapi tak merasa gatal. Salah satu efek buruk dari bulu hidung yang terlalu panjang yakni penampilan menjadi kurang cantik atau ganteng. Terkadang karena bulu hidung yang terlalu panjang, Anda memutuskan untuk mencabutnya. Namun Anda tetap disarankan untuk tak mencabut bulu hidung secara sembarangan. Mencabut hidung lebih baik jangan menjadi kebiasaan, sebab nanti bisa terjadi sesuatu negatif yang tak Anda inginkan. Lagipula, mencabut hidung itu terasa sakit sekali.

Menggunakan gunting khusus

Ketika Anda mau memendekkan bulu hidung, lebih baik menggunakan gunting khusus, jangan dicabut. Jika Anda memaksa mencabut bulu hidung, Anda dapat mengalami masalah. Salah satu masalah yang mungkin terjadi yakni terjadi infeksi pada rongga hidung Anda, juga terjadi radang di hidung. Bulu hidung juga akan senantiasa tumbuh terus, sama seperti rambut di kepala Anda. juga sama dengan rambut di daerah lain di permukaan tubuh Anda. Tetapi juga ada istilah “ingrown nasal hair”, yakni resiko rambut yang tumbuh ke bagian dalam dari lapisan kulit Anda.

Untuk mencegah terjadinya ingrown nasal hair, Anda lebih baik jangan mencabuti bulu hidung atau rambut hidung meskipun Anda memakai pinset. Agar tetap terlihat rapi, Anda sebaiknya tetap menggunakan gunting khusus bulu hidung. Walaupun lebih baik menggunakan gunting, tetap saja hindari memotong bulu hidung terlalu pendek. Bulu hidung yang Anda potong menjadi terlalu pendek nanti akan kesulitan dalam menjalankan fungsinya. Ya, fungsi bulu hidung yang sebenarnya adalah untuk menyaring udara yang masuk melalui hidung saat Anda bernafas. Jika tak ada bulu hidung, atau fungsi bulu hidung tak sempurna, kotoran akan masuk dengan mudah. Selain debu, juga benda asing berbahaya seperti kuman juga bisa masuk ke saluran pernafasan Anda. Penyakit yang ditimbulkan dapat menjadi lebih berbahaya.

Penyebab hidung gatal

Lalu jika bulu hidung bukan alasan mengapa hidung Anda menjadi gatal, kemudian apakah alasannya? Yang dapat menyebabkan hidung merasa gatal itu adalah alergi. Contohnya saja, biasanya orang bisa alergi minum air es. Karenanya, hidung bisa memerah, ingus pun muncul dalam jumlah lebih banyak, serta akhirnya rasa gatal yang mengganggu akan muncul pada hidung. Biasanya jika alergi terhadap es, juga akan alergi terhadap minuman dingin lainnya, juga termasuk es krim. Selain itu, penyebab alergi lainnya contohnya adalah debu dan serbuk bunga. Itulah semua mengenai mengapa bulu hidung bisa gatal, salam sehat.

Mengapa Bulu Hidung Bisa Gatal? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sehat Alami