Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Sumber Penyebab Adanya Benjolan di Daerah Leher

Benjolan yang muncul di daerah leher tidak boleh Anda anggap remeh. Bisa jadi benjolan tersebut berbahaya. Tentu saja ini berbeda dengan benjolan karena jerawat atau gigitan nyamuk, Anda pun tentu bisa membedakannya. Benjolan yang muncul di daerah leher terkadang memiliki ukuran yang cukup besar. Benjolan seperti inilah yang harus Anda waspadai. Apalagi jika benjolan tersebut muncul secara tiba-tiba. Silahkan baca kelanjutannya.

Benjolan yang muncul di daerah leher tidak boleh Anda anggap remeh.

Lebih dalam tentang benjolan di daerah leher

Benjolan yang muncul di daerah leher bisa menandakan bahwa tubuh Anda terjangkit penyakit yang cukup serius. Kembali berbicara mengenai ukuran benjolan, beberapa benjolan ada juga yang memiliki ukuran kecil. Tetapi Anda harus memastikan bahwa benjolan tersebut bukanlah jerawat atau benjol karena terbentur, maupun gigitan nyamuk. Sebab, ketiga benjolan tersebut tak berbahaya.

Benjolan yang muncul bisa saja menyebabkan rasa sakit, namun juga ada yang sama sekali tidak mengakibatkan rasa sakit. Ciri lainnya ada yang lunak, dan juga bisa keras. Setelah Anda menyadari benjolan tersebut muncul, Anda harus mencari tahu penyebabnya sesegera mungkin, jangan dibiarkan saja. Jika Anda masih merasa bingung, Anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter spesialis. Disarankan jangan ke dokter umum, tetapi dokter THT, sebab tentu dokter THT lebih mengerti tentang ini. Anda juga bisa mencoba pergi ke dokter kulit.

Struktur leher dan benjolan

Dokter tentu akan memberitahu Anda apakah benjolan tersebut harus diwaspadai atau tidak, apakah berbahaya atau boleh dibiarkan saja. Dengan begitu Anda tentu dapat lebih tenang, dan tidak was-was lagi. Struktur leher terkadang bisa mengakibatkan munculnya benjolan tersebut, khususnya jika struktur leher mengalami perubahan. Benjolan itu bisa muncul juga di daerah lain, jadi tidak terbatas pada daerah leher Anda saja. Itu jika terjadi perubahan struktur di sekitar daerah benjolan tersebut.

Perubahan struktur dapat bervariasi, beberapa contohnya yakni kelenjar getah bening, rambut, otot, kelenjar keringat, lemak, dan pembuluh darah. Walaupun tidak menutup kemungkinan terjadinya perubahan struktur di bagian yang lain, selain yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, untuk Anda ketahui bahwa benjolan yang umumnya muncul di leher ataupun ketiak seseorang itu biasanya diakibatkan oleh pengaruh akibat kelenjar getah bening. Di mana, memang terdapat kelenjar getah bening di kedua bagian tersebut.

Pembesaran kelenjar getah bening

Berbicara mengenai faktor penyebab terjadinya pembesaran pada kelenjar getah bening juga beraneka ragam. Pembesaran di kelenjar getah bening dapat disebabkan peradangan atau infeksi. Itu karena ada kuman yang masuk ke dalam badan Anda. sebagai contoh saja: Jika Anda mengalami infeksi gigi, dapat mengakibatkan pembesaran kelenjar getah bening di sekitaran leher. Contoh kedua misal terdapat luka maupun infeksi di lengan juga bisa menjadi pemicu terjadinya pembesaran kelenjar getah bening. Tetapi ke daerah ketiak dan bukannya daerah leher.

Benjolan dan folikel rambut

Folikel rambut yang terinfeksi juga bisa menjadi biang dari munculnya benjolan asing pada leher. Keadaan ini akan mengakibatkan rasa gatal dan sakit, juga muncul nanah. Dan nanah ini bisa menyebabkan peradangan. Benjolan yang terjadi akibat infeksi folikel rambut ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa Anda harus repot-repot mengurusnya. Anda cukup menggunakan obat topikal untuk membantu proses menghilangkan benjolan tersebut dengan lebih cepat. Anda harus memastikan bahwa ukuran benjolan jangan sampai membesar. Itulah semua tentang sumber penyebab adanya benjolan di daerah leher, salam sehat.

Sumber Penyebab Adanya Benjolan di Daerah Leher Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sehat Alami