Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga adalah organ yang akan kita gunakan setiap detik setiap saat sehari-hari, oleh karena itu kesehatannya harus benar-benar Anda jaga. Untuk tips menjaga kesehatan telinga, benar-benar penting bagi Anda untuk mengetahuinya. Anda tentu tak ingin pendengaran Anda menjadi terganggu atau dengan kata lain menjadi budeg. Ada banyak sekali macam gangguan pendengaran, di mana itu dapat mengancam Anda. Khususnya apabila Anda tidak menjaga kesehatan dari organ telinga Anda.
Tak ada orang lain yang bisa menjaga kesehatan telinga Anda kecuali Anda sendiri. Telinga adalah bagian dari tubuh yang penting karena memang organ pendengaran ini termasuk salah satu dari panca indera manusia. Lebih tepatnya merupakan panca indera ke 5 manusia. Anda tentu sudah mengerti apabila sebagian besar aktivitas Anda itu pasti menggunakan telinga, entah itu tak Anda sadari maupun Anda sadari.

Telinga adalah organ yang akan kita gunakan setiap detik setiap saat sehari-hari, oleh karena itu kesehatannya harus benar-benar Anda jaga

Bermacam gangguan pendengaran

Kembali berbicara tentang gangguan pendengaran (Telinga), penyebabnya bisa bermacam-macam. Beberapa contoh penyebab dari gangguan telinga misalnya kotoran yang menumpuk, cedera atau luka, ada benda asing masuk dalam rongga telinga, cacat lahir, faktor genetik, tumor, efek samping obat, paparan suara keras, infeksi telinga, dan masih bermacam-macam lagi sumber masalah lainnya.
Jika Anda meremehkan gangguan telinga ini, penyakit telinga bisa bertambah parah. Dan nanti kemungkinan besar Anda kehilangan fungsi pendengaran secara permanen. Nah itulah sekilas alasan-alasan mengapa tips mudah untuk menjaga kesehatan telinga penting untuk Anda ketahui. Mari baca selengkapnya.

Tips-tips menjaga kesehatan telinga

Anda bisa mencoba tips berikut ini untuk membantu menjaga kesehatan telinga Anda sehari-hari:

* Seng dan asam folat tak hanya dapat membantu menjaga kesehatan fisik Anda, melainkan juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan organ pendengaran. Anda direkomendasikan mengurangi konsumsi gula, kafein, pemanis buatan, rokok, dan garam.

* Berikutnya, Anda sebaiknya juga menghindari sering berada di lokasi yang bising. Suara yang terlalu keras dapat membuat kemampuan pendengaran Anda menjadi kurang bagus. Salah satu contoh lokasi yang seperti ini misalnya di dalam pabrik, di mana Anda akan mendengar suara deru mesin yang terlalu keras. Jika ini berlangsung setiap hari, tentu saja kemampuan pendengaran Anda akan turun sedikit demi sedikit. Memang kadang ini terjadi karena tuntutan pekerjaan, tetapi sekarang kan sudah ada yang namanya pelindung telinga. Anda sebaiknya membeli satu dan menggunakannya, agar suara bising tersebut tertahan tak masuk dalam telinga.

* Jika telinga Anda terasa sakit atau berdengung, Anda jangan mengobati telinga Anda sendiri. Takutnya Anda salah memilih metode pengobatan. Sebaiknya Anda segera pergi menuju dokter THT. Lebih baik membayar sedikit mahal dibandingkan Anda mengorbankan kesehatan dari telinga Anda sendiri. Di mana jika telinga Anda sudah rusak, maka berapapun Anda bayarkan tak akan bisa mengembalikan seperti sedia kala.

* Yang terakhir, Anda juga jangan membiasakan diri menggunakan earphone. Apabila menggunakan earphone saat tidur, di mana Anda tak melepasnya sama sekali seharian hingga bangun. Itu karena jarak dari sumber suara ke gendang telinga terlalu dekat, sangat tidak disarankan. Jika memang Anda senang mendengar earphone, maka gunakan earphone yang ada pelindung telinga pada ujungnya. Biasanya pelindung telinga tersebut berupa busa kecil. Selain itu menggunakan earphone jangan terlalu lama, maksimal cukup satu jam saja. Dan juga jangan terlalu sering, sekali-sekali saja.

Itulah semua tentang tips mudah menjaga kesehatan telinga, semoga lekas sembuh, nah bagi Anda para perempuan yang ingin tips untuk memutihkan kulit silahkan baca lengkapnya Cara Memutihkan Kulit Secara Alami.

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Telinga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown