Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Cara Menghilangkan Lendir Mengganggu Dari Tenggorokan

Tanda dari tenggorokan yang terserang penyakit adalah munculnya lendir pada tenggorokan Anda. Pada kondisi normal, seharusnya di dalam tenggorokan tak terdapat lendirnya. Lendir ini selain mengganggu juga sangat sulit untuk dikeluarkan, tentu ini membuat Anda bertambah kesal. Karena kehadiran lendir tersebut tentu membuat badan Anda menjadi tak nyaman. Silahkan baca kelanjutannya.

Cara Menghilangkan Lendir Mengganggu Dari Tenggorokan

Lendir tenggorokan dan air dingin

Ketika minum air dingin, lendir di tenggorokan tersebut dapat bertambah banyak. Pupus harapan Anda untuk berharap dengan minum air dingin maka lendir akan menghilang sendirinya. Mungkin Anda sudah pernah mengalami masalah tersebut, dan Anda bingung bagaimanakah tindakan yang seharusnya dilakukan untuk menghilangkan lendir dengan tepat. Pertama-tama, sebelum kita berdiskusi lebih lanjut mengenai metode penyembuhannya, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengerti apa sajakah yang menyebabkan munculnya lendir tersebut.

Penyebab munculnya lendir pada tenggorokan

Tenggorokan adalah percabangan dari saluran pencernaan dan juga saluran pernafasan. Apabila muncul lendir di tenggorokan Anda, itu akan mengganggu kedua sistem tersebut. Lendir sebenarnya diproduksi natural oleh tubuh. Lendir itu sendiri memiliki manfaat untuk menjadi pelumas, yang berfungsi untuk melembabkan. Lendir juga memiliki manfaat sebagai sistem pertahanan tubuh, menangkap benda asing yang masuk melalui hidung.

Nah, jika lendir memang memiliki manfaat, kenapa lendir di tenggorokan ini bisa menjadi gangguan? Itu karena lendir yang diproduksi terlalu banyak, atau dalam jumlah berlebih dari yang seharusnya. Dan tentu saja ada faktor-faktor tertentu yang bisa memicu hal ini terjadi.

Faktor-faktor penyebab produksi lendir terlalu banyak

Seperti disebutkan sebelumnya apabila produksi lendir terlalu banyak, itu bisa mengganggu kesehatan. Dan lendir yang muncul berlebih juga merupakan tanda bahwa terjadi gangguan di saluran pernafasan Anda. Gangguan tersebut bisa muncul akibat adanya benda asing dalam tubuh. Benda asing yang masuk kemudian akan menimbulkan alergi, dan selanjutnya infeksi akan terjadi pada saluran pernafasan. Selain benda asing, sebenarnya bakteri juga bisa menjadi biang terjadinya infeksi saluran pernafasan tersebut.

Untuk macam faktor yang bisa menyebabkan alergi umumnya adalah sebagai berikut ini:
  • Debu
  • Serbuk bunga
  • Minuman dingin
  • Udara dingin
Dan kemungkinan masih terdapat faktor lainnya yang mempengaruhi. Itu karena antara satu orang dengan yang lainnya memiliki faktor penyebab alergi yang bisa berbeda. Jadi terkadang sama, terkadang berbeda. Anda harus mengetahui yang manakah yang menyebabkan alergi pada diri Anda dan kemudian menghindarinya. Dengan menghindari hal tersebut, Anda juga akan terbebas dari lendir yang berlebihan di tenggorokan. Biasanya hanya Anda yang mengerti tentang apa sajakah yang menyebabkan alergi, karena Anda merupakan orang yang paling mengerti diri Anda sendiri. Bukan orang lain ataupun dokter THT.

Metode menghilangkan dan menyembuhkan lendir mengganggu di tenggorokan

Berikut ini merupakan metode yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan atau menyembuhkan lendir pada tenggorokan. Cara pertama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya yaitu dengan menghindari penyebab alergi. Cara berikutnya Anda bisa membeli obat yang dijual bebas di Apotik.

Carilah obat yang bisa membantu mengencerkan dahak, biasanya berupa obat sirup. Cara berikutnya yaitu dengan mencoba terapi uap. Dipercaya terapi uap juga bisa mengencerkan lendir tersebut. Setelah lendir encer, Anda tentu akan lebih mudah untuk mengeluarkan lendir tersebut dari tenggorokan. Itulah semua tentang cara menghilangkan lendir mengganggu dari tenggorokan, salam sehat.

Cara Menghilangkan Lendir Mengganggu Dari Tenggorokan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown