Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Masalah rambut sering terjadi pada setiap orang dari yang muda hingga yang tua, baik pria maupun wanita. Pada umumnya, masalah rambut yang sering dialami adalah rambut kering, mengembang, rambut rontok hingga masalah ketombe yang sangat menjengkelkan. Memiliki rambut yang bebas dari segala masalah rambut merupakan hal yang sangat diimpikan setiap orang. Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang dialami sekian persen orang. Ketombe adalah pengelupasan sel-sel kulit mati yang terjadi pada kulit kepala.

Sumber gambar : blogspot
Pada dasarnya, ketombe ini sangat wajar dialami setiap orang karena ketombe ini akan menggantikan sel-sel kulit yang telah mati dengan pertumbuhan sel-sel kulit yang baru dan biasanya berlangsung selama sebulan dengan jumlah wajar. Namun apabila ketombe terjadi secara berlebihan yang menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, iritasi dan kemerahan tentu menjadi masalah yang serius dan harus segera dihilangkan karena akan sangat mengganggu. Ketombe disebabkan karena bakteri dan jamur, kulit kepala berminyak, keringat yang berlebihan, penggunaan bahan kimia, seperti minyak rambut, penggunaan shampo yang berlebihan ataupun ketidakcocokan shampo, membilas rambut kurang bersih dan lainnya.

Ketombe memang tidak dapat dihilangkan sepenuhnya karena sel kulit akan terus beregenerasi, yang harus dilakukan adalah menghilangkan ketombe berlebih pada kulit kepala. Ada banyak cara menghilangkan ketombe, namun cara menghilangkan ketombe secara alami adalah cara yang paling aman dan tidak menimbulkan efek samping.
Cara menghilangkan ketombe secara alami terbukti efektif dan telah dilakukan oleh banyak orang. Selain efektif, menggunakan cara yang alami juga tidak perlu mahal dan keluar biaya yang banyak. Cukup menggunakan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di alam.

Cara Menghilangkan Ketombe

Minyak Kelapa.
Kandungan vitamin E dan asam lemak pada minyak kelapa dapat memberikan nutrisi pada rambut dan menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala sambil memijat. Kemudian diamkan hingga meresap dan bilas dengan air hingga bersih.

Lidah Buaya.
Kandungan mineral, protein, asam amino, vitamin A,C dan E pada lidah buaya dapat memberikan nutrisi pada rambut dan menjaga kelembaban rambut, sehingga terhindar dari rambut kering dan rontok yang memicu terjadinya ketombe. Caranya hanya dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Penggunaan secara rutin 3x seminggu akan mendapatkan hasil yang optimal.

Garam.
Selain digunakan untuk memasak, garam berkhasiat menghilangkan ketombe di kulit kepala, garam diketahui dapat mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati dan menghilangkan bakteri serta jamur di kulit kepala. Ambillah garam secukupnya dan oleskan pada kulit kepala sambil memijat secara lembut. Kemudian bilas dengan air dan shampo hingga bersih. Gunakan sebelum keramas dan secara rutin.

Jeruk Nipis.
Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu menyehatkan rambut, termasuk menghilangkan ketombe berlebih. Caranya cukup dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis pada kulit kepala disertai gerakan memijat. Kemudian diamkan hingga kering dan meresap ke kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Minyak Zaitun.
Fungsi dari minyak zaitun untuk kesehatan rambut adalah menjaga kelembaban rambut, sehingga terhindar dari rambut kering. Dengan terjaganya kelembaban rambut juga akan menghilangkan kadar ketombe yang berlebih akibat jamur dan bakteri. Minyak zaitun akan menyehatkan rambut karena mengandung vitamin dan asam amino yang sangat dibutuhkan rambut selain protein.
Mudah bukan cara menghilangkan ketombe secara alami? Hal tersebut dapat anda lakukan dirumah setiap hari dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Semoga cara-cara tersebut bermanfaat.

Berikut adalah tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami yang mudah-mudahan bisa bermanfaat, untuk tips kesehatan rambut anda silahkan baca juga Tips Merawat Rambut.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown