Blog informasi kesehatan bagi Anda.

4 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang yang juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung. Memiliki rambut sehat adalah impian semua orang karena dengan rambut yang sehat, Anda akan lebih percaya diri. Bayangkan jika rambut Anda berketombe dan mudah rontok, pasti hal tersebut akan sangat mengganggu sekali penampilan Anda, terutama bagi yang bekerja. Pasti setiap hari rambut akan terkena paparan sinar matahari dan debu serta kotoran yang berasal dari asap kendaraan. Rambut akan menjadi rusak apabila dibiarkan terus menerus dan tidak di rawat. Rambut yang terus terkena paparan sinar matahari langsung juga akan menyebabkan rambut menjadi berwarna kemerahan dan tidak menghitam seperti sediakala. Jika sudah seperti itu, mau tidak mau Anda harus menghitamkan kembali rambut Anda.
Banyak cara ditempuh untuk menghitamkan rambut yang banyak dilakukan saat ini. Biasanya mereka menggunakan pewarna rambut untuk menghitamkan rambut, dimana pada pewarna rambut tersebut banyak mengandung bahan kimia. Padahal ada cara menghitamkan rambut secara alami tanpa pewarna rambut jika ingin melakukannya.

Sumber gambar : blogspot

Menghitamkan rambut secara alami tidak menimbulkan efek samping walaupun proses penghitamannya berlangsung lama, namun dengan menggunakan bahan-bahan alami, rambut akan menjadi lebih sehat karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut. Ada beberapa cara menghitamkan rambut secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping serta dapat menghasilkan rambut yang sehat.

1. Cara menghitamkan rambut secara alami menggunakan biji pepaya.
Selain buahnya yang kaya akan vitamin dan mineral yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh, biji pepaya juga dapat dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut. Biji pepaya juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut. Cara menggunakannya cukup mudah dengan mengambil biji pepaya dan bersihkan, lalu keringkan. Biji pepaya yang telah kering di sangrai hingga menjadi gosong. Kemudian tumbuk biji pepaya yang telah di sangrai dan tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk rata. Setelah itu oleskan pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat dan diamkan. Setelah mengering, segera bilas rambut dengan air hingga bersih. Penggunaan rutin seminggu sekali dapat menghasilkan warna hitam pada rambut yang optimal.

2. Menggunakan urang-aring.
Urang-aring merupakan tumbuhan yang tumbuuh liar sebagai gulma, namun urang-aring telah terbukti khasiat untuk menghitamkan rambut karena urang-aring memiliki zat pewarna hitam dari sarinya. Urang-aring mudah ditemukan di alam maupun pasar tradisional yang biasanya banyak yang menjual urang-aring. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci bersih terlebih dahulu daun urang-aring kemudian tumbuk hingga halus. Lalu tambahkan air, aduk rata dan oleskan pada rambut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

3. Menggunakan minyak kemiri.
Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kemiri memang dikenal berkhasiat untuk menghitamkan rambut. Caranya dengan menumbuk kemiri hingga halus dan rebus bersama air hingga mendidih dan mengeluarkan minyak. Angkat dan dinginkan, lalu oleskan pada akar rambut hingga ujung rambut, diamkan. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

4. Menggunakan alpukat.
Selain berfungsi untuk menyehatkan kulit, kandungan protein dalam alpukat juga berkhasiat menghitamkan rambut. Caranya mudah saja, yaitu dengan menumbuk buah alpukat hingga halus dan tambahkan minyak zaitun, aduk rata. Kemudian hangatkan sebentar campuran tersebut dan oleskan pada rambut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut sambil memijat-mijat. Setelah itu, diamkan sebentar dan bilas dengan air hingga bersih. lakukan secara rutin agar hasil maksimal.
Semoga beberapa cara menghitamkan rambut secara alami diatas bermanfaat. Cara-cara tersebut dapat Anda lakukan dengan sangat mudah di rumah dan juga murah, tidak perlu pergi ke salon ataupun membeli pewarna rambut.

4 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown