Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Cara Alami Untuk Hilangkan Jerawat - Menjaga kesehatan kulit, terutama kulit wajah, memang penting adanya. Berbagai masalah yang timbul seringkali membuat kita dongkol, salah satunya adalah jerawat. Jika si kecil ini sudah muncul, maka rasanya percaya diri menjadi melorot. Apalagi jika jerawat timbul menjelang acara penting. Aduh, repot!

Sebenarnya, jerawat ini ada penyebabnya, loh. Untuk tahu seputar jerawat dan cara menghilangkan jerawat secara alami, simak penjelasannya di bawah ini.

Sumber gambar : blogspot

Penyebab Jerawat
Jerawat timbul karena penyumbatan pori- pori kulit oleh kotoran. Sering berada di luar, terutama di jalan- jalan raya, akan membuat banyak kotoran dari polusi dan debu yang akan dengan mudah menempel pada kulit wajah. Kotoran yang menempel dapat memicu tumbuhnya bakteri yang dinamakan p. Acne yang mudah tumbuh pada pori yang tersumbat. Jika kita malas membersihkan wajah, maka kotoran itu akan bercampur dengan keringat dan membentuk jerawat; kemungkinan bisa muncul jerawat batu. Selain faktor lingkungan, faktor hormonal juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Itulah sebabnya jika wanita sedang mengalami menstruasi jerawat akan mudah muncul.

Selain itu, produksi minya yang berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat. Kulit yang berminyak cenderung lebih mudah terkena jerawat. Hal ini disebabkan oleh minyak yang menyumbat saluran folikel rambut dan pori- pori kulit. Penyebab lainnya selain kulit berminyak adalah penggunaan kosmetik, terutama yang sering memadukan bedak dengan foundation. Bentuk foundation yang padat membuat butiran- butiran bedak masuk ke pori- pori dan menyumbat.

Mengkonsumsi obat- obatan ternyata juga dapat memicu timbulnya jerawat, misalnya obat kostikoseroid. Obat jenis ini mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, sehingga aktivitas bakteri patogen meningkat. Jika aktivitas bakteri ini meningkat, maka jerawat akan mudah muncul.

Untuk mencegah timbulnya jerawat, Anda bisa melakukan pembersihan wajah secara rutin dan melakukan perlindungan terhadap wajah dari kotoran diluar,seperti menutup helm pada saat di jalan. Namun jika jerawat muncul, cobalah cara menghilangkan jerawat secara alami di bawah ini.

Cara Alami Hilangkan Jerawat

Berikut ini adalah cara- cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah:

1.Makan- makanan kaya serat
Jenis makanan seperti buah dan sayur sangat baik untuk mencegah jerawat. Kandungan serat dan vitamin mampu membantu melarutkan lemak jahat yang ada pada tubuh. Selain itu, kadar minyak alami dalam tubuh yang berlebihan juga dapat berkurang seiring dengan rutin Anda mengkonsumsi sayur.

2.Kurangi makanan berlemak
Cobalah untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak dan minyak sebanyak mungkin. Jenis makanan itu misalnya gorengan, kacang- kacangan,daging, dan sebagainya. Dengan mengurangi makanan berlemak, maka produksi minyak dan lemak pada wajah juga akan berkurang.

3.Perbanyak minum air putih
Air putih dikenal memiliki banyak manfaat. Selain dapat melarutkan kotoran dalam tubuh dengan cepat, air putih juga dapat membantu proses regenerasi kulit dan melembabkan kulit.

4.Gunakan masker alami
Penggunaan masker secara rutin dapat membantu membersihkan dan melembabkan kulit. Sekarang banyak sekali jenis masker yang dijual di toko- toko. Namun masker tersebut tentu mengandung bahan kimia. Walaupun aman, namun alangkah baiknya kita gunakan bahan yang lebih alami dan tanpa bahan kimia. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan- bahan itu antara lain:

a.Telur
Gunakan bagian putihnya saja. oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. bilas dengan air dan keringkan hingga bersih. Putih telur selain untuk mencegah jerawat juga dapat mengencangkan kulit Anda.

b.Buah pepaya
Haluskan buah pepaya secukupnya dengan cara diblender. Oleskan pada area yang berjerawat dan diamkan selama 15 enit. Cuci sampai bersih. Jika dilakukan secara rutin jerawat akan lebih cepat hilang.

c.Madu
Siapkan madu secukupnya. Oleskan pada wajah dengan bantuan kapas atau kuas. Diamkan selama 15- 20 menit sebagai masker. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Selamat mencoba!

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown