Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Solusi Telinga Anak Bau

Penyebab dari bau yang muncul pada telinga anak perlu untuk Anda ketahui. Telinga bau tentu saja sangat mengganggu, dan juga kasihan anak Anda. Dia akan dijauhi teman-temannya dan menjadi lebih tak percaya diri. Selain itu, ini tentu berefek pada kesehatan sang anak. Jangan sampai Anda membiarkan telinga bau pada anak Anda berlanjut terus. Segera selesaikan masalah ini sebelum terlalu terlambat. Silahkan baca kelanjutannya.

Telinga anak berbau busuk tentu saja membuat sang ibu khawatir. Padahal ketika Anda lihat telinga anak pada bagian luarnya seperti tak terjadi apa-apa. Ya, itu memang yang menjadi masalah adalah pada bagian dalam dari telinga anak Anda. Dan dapat dipastikan bahwa telinga anak tak akan mengeluarkan bau tak sedap jika tak terdapat gangguan di dalamnya. Jika dibiarkan, takutnya pendengaran anak Anda juga akan ikut terganggu.

Penyebab dari bau yang muncul pada telinga anak perlu untuk Anda ketahui.

Apakah perlu dibawa ke dokter THT?

Jika telinga anak Anda mengalami hal ini, Anda mungkin bertanya-tanya “Apakah memang perlu untuk membawa anak Anda berobat ke dokter THT”. Hal tersebut boleh Anda lakukan jika memang pengobatan yang Anda lakukan sendiri tak membuahkan hasil. Sebelum penyakit bertambah parah karena Anda tak bisa menyembuhkannya, dokter THT merupakan jawabannya. Dokter akan memeriksa apakah yang salah dengan bagian dalam telinga anak Anda.

Efek lain dari telinga anak berbau, biasanya akan terasa gatal. Karena itu, anak Anda akan sering menggaruk dan menggosok telinga dengan keras. Ini nanti akan mengakibatkan infeksi lebih pada bagian dalam telinga. Tak hanya itu, jika sudah merasa sangat gatal, ada kemungkinan anak akan menusuk bagian dalam telinga menggunakan ujung jari yang tajam. Mereka ingin menghilangkan rasa gatal yang mengganggu tersebut, padahal itu berbahaya, sebab bisa mengakibatkan luka pada telinga.

Penyebab telinga anak bau

Penyebab dari telinga anak yang berbau itu karena peradangan pada bagian dalam telinga. Peradangan bisa diakibatkan oleh alergi yang dimiliki oleh sang anak. Peradangan ini biasanya terjadi di bagian dari saluran luar lubang telinga anak. Nama lain dari saluran ini yaitu meatus akustikus eksterna dan otitis eksterna.

Kotoran telinga berlebih

Pada bayi dan anak-anak yang juga sering mendapati bisul dan infeksi di saluran telinga luar, sudah bukan rahasia umum lagi. Anda juga sebaiknya mengetahui jika bayi dan anak-anak kecil itu mempunyai proses produksi serumen atau kotoran telinga yang terkadang berlebihan. Nah, jika hal ini terjadi, juga merupakan sumber penyebab dari telinga yang tercium bau. Oleh karena itu, Anda harus sering-sering membersihkan telinga anak Anda jika mereka mengalami kondisi tersebut.

Bentuk kotoran telinga tak menentu, terkadang dapat berupa cairan, dan terkadang padat. Untuk yang berupa cairan, kotoran telinga tersebut bisa meningkat hingga keluar melalui lubang luar pada ujung telinga. Ini juga merupakan salah satu gangguan yang menyebabkan telinga anak tercium bau.

Solusi menyelesaikan masalah telinga anak bau

Jika anak Anda memiliki bau tak sedap yang keluar dari telinganya. Anda bisa menyembuhkannya dengan menghilangkan faktor alergi yang menjangkit anak Anda. Itu bertujuan supaya telinga anak Anda tak gatal. Selain itu juga untuk menghindari peradangan.

Anak Anda juga sebaiknya rutin ke dokter THT. Kemudian biarkan dokter THT membersihkan kotoran yang terdapat pada telinga anak Anda. Ini lebih aman dibandingkan Anda menunggu gangguan menyerang telinga anak. Itulah semua tentang solusi telinga anak bau, dan untuk tips kesehatan telinga lainnya anda bisa membaca artikel berikut Tips Mudah Menjaga Kesehatan Telinga.

Solusi Telinga Anak Bau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown