Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Penyebab Telinga Yang Sakit Seperti Ditusuk

Salah satu gangguan telinga yang seringkali menyerang yakni telinga yang seperti ditusuk. Penyakit ini cukup sering terjadi di luar telinga yang sering berdengung. Tentu saja ada penyebab di balik mengapa telinga seseorang bisa sangat sakit seperti itu. Juga, kondisi ini harus secepatnya disembuhkan, Anda sendiri juga tentu merasa tak nyaman jika bekerja dengan kondisi telinga seperti ini. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan rasa sakit kepala juga, penyakit pun lebih melebar. Nah sebelum Anda pergi berobat menuju dokter THT langganan, ada baiknya Anda coba mengetahui terlebih dahulu beberapa sebabnya. Apabila Anda bisa sembuh sebelum pergi ke dokter, maka itu tentu akan membuat Anda menghemat uang cukup banyak. Silahkan baca kelanjutannya.
Penyebab Telinga Yang Sakit Seperti Ditusuk

Infeksi telinga anak

Salah satu yang bisa menjadi biang telinga seorang anak terasa seperti ditusuk jarum adalah karena infeksi. Seringkali anak-anak mengalami masalah kesehatan yang satu ini. Alasan mengapa anak kecil lebih sering terjangkit infeksi telinga adalah masalah antibodi mereka. Di mana, antibodi anak kecil lebih lemah jika dibandingkan dengan antibodi orang dewasa.

Infeksi telinga yang menyerang anak biasanya menyerang daerah tengah rongga telinga anak, dan mengakibatkan radang. Saat kuman menyerang, cairan pun akan menekan daerah tersebut, juga termasuk gendang telinga. Dan kondisi inilah sumber dari bengkak dan radang yang terjadi, sekarang Anda sudah mengetahuinya.

Kadang-kadang tekanan yang terjadi di telinga benar-benar hebat. Jika tekanan tersebut terjadi, bisa lebih berbahaya, sebab bisa menyebabkan gendang telinga pecah juga mengeluarkan cairan. Cairan tersebut akan meleleh keluar melalui telinga Anda. Pada umumnya gendang telinga pecah itu adalah masalah yang benar-benar serius. Walaupun begitu, tetapi dapat sembuh kembali seperti awal mula. Jika ini terjadi, penyelesaian yang paling bagus adalah dengan memeriksakan telinga Anda ke dokter, jangan biarkan terlambat.

Penyebab lain dari anak yang sering mengalami infeksi telinga yakni rongga telinga anak yang lebih pendek. Itu merupakan penyebab lain selain antibodi anak yang kurang dibandingkan antibodi orang dewasa. Kembali berbicara mengenai rongga telinga anak yang lebih pendek. Itu mengakibatkan bakteri lebih mudah untuk masuk, lalu berkembang biak di daerah tengah rongga pendengaran Anda.

Mengenal glue ear

Penyebab lain dari telinga sakit seperti ditusuk selain infeksi telinga, juga ada glue ear. Glue ear merupakan sumber sakit telinga di seseorang. Yang disebut dengan glue ear yakni penumpukan cairan di bagian dalam dari organ pendengaran seseorang. Cairan tersebut akan menumpuk lalu dengan mengakibatkan tekanan di bagian dalam telinga seseorang, di mana telinga bersifat sangat sensitif.

Tekanan ini pada akhirnya akan mengakibatkan rasa sakit seperti ditusuk pada telinga seseorang. Tak sedikit kemampuan pendengaran Anda juga akan terganggu apabila mengalami glue ear di telinga. Umumnya sakit telinga yang bersumber dari glue ear dapat sembuh dengan sendirinya tanpa Anda harus pergi berobat ke dokter ahli THT.

Tips mudah meringankan sakit pada telinga

Ada tips mudah yang dapat Anda coba untuk meringankan sakit pada telinga. Anda dapat memakai obat tetes telinga yang mengandung antibiotik. Tetapi harus diingat, bahwa penggunaan obat tetes ini jangan saat Anda mengalami yang namanya telinga bocor. Jika Anda menggunakannya pada saat itu akan sangat berbahaya. Itulah semua terkait penyebab telinga yang sakit seperti ditusuk, semoga lekas sembuh.

Penyebab Telinga Yang Sakit Seperti Ditusuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown