Blog informasi kesehatan bagi Anda.

Bagaimana Cara Untuk Menjaga Kesehatan Hidung

Menyantap makanan tak akan terasa nikmat jika Anda belum mencium wanginya. Ya, itu merupakan salah satu fungsi hidung. Namun di balik itu semua, hidung memiliki fungsi lainnya yang sering Anda gunakan setiap hari. Salah satunya dan yang terpenting adalah untuk bernafas. Nah, karena itu Anda harus menjaga kesehatan hidung Anda dengan baik. Menjaga kesehatan organ hidung merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan, supaya bebas dari penyakit. Banyak penyakit yang bisa mengancam organ pernafasan dan juga penciuman ini.

Bagaimana Cara Untuk Menjaga Kesehatan Hidung

Untuk Anda ketahui bahwa hidung termasuk organ yang sangat penting yang wajib dijaga, selain organ penglihatan (Mata), dan juga organ pendengaran (Telinga). Jika Anda mengalami hidung yang bermasalah, tentu aktivitas Anda sehari-hari juga akan terganggu. Hidung yang dibiarkan tanpa diberikan perawatan dan pemeliharaan yang baik akan sering bermasalah. Masalahnya bisa berupa serangan bakteri dan kuman penyakit, di mana bakteri dan kuman penyakit itu sangat banyak di lingkungan sekitar.

Kotoran dan lendir dalam hidung

Di hidung Anda, apabila kotoran dan lendir tak dibersihkan dalam waktu lama juga bisa menimbulkan masalah. Masalah tersebut berupa penyumbatan pada rongga hidung Anda, dan itu juga akan memiliki efek berantai. Efek berantai kepada organ tubuh lainnya, contohnya saja telinga juga tenggorokan. Itu tentu sangat beralasan, karena antara telinga, tenggorokan, dan juga hidung itu saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu posisinya juga berdekatan.

Diharapkan dengan membaca cara-cara yang akan kita sharing sekarang, Anda bisa menjaga kesehatan dari hidung Anda dengan lebih baik. Apalagi setelah Anda membaca tentang bahaya jika membiarkan hidung Anda tak terawat di atas. Mari baca selengkapnya.

Cara menjaga kesehatan dari organ penciuman dengan baik

Cara yang pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin membersihkan rongga hidung Anda. jadi tak hanya telinga saja yang wajib dibersihkan, begitu pula dengan hidung Anda. Apabila Anda tak rutin membersihkan hidung, maka kotoran pun akan semakin menumpuk. Jika terlalu lama dibiarkan menumpuk maka fungsi organ hidung Anda juga akan terganggu.

Rongga hidung memang mempunyai bulu halus yang berguna dalam menyaring macam-macam kotoran dan juga benda asing saat Anda bernafas. Tetapi kotoran tersebut juga harus Anda bersihkan sekali-sekali, terutama yang menempel pada bulu halus tersebut. Saat membersihkan Anda harus berhati-hati, jangan sampai bagian dalam hidung Anda tergores dan luka. Luka dapat menyebabkan infeksi pada hidung.

Untuk menghindari terjadinya luka karena goresan pada bagian dalam rongga hidung, Anda sebaiknya menghindari membersihkan menggunakan tangan. Apalagi menggunakan tangan dengan kuku jari yang panjang. Kotoran yang menempel di jari tangan juga bisa berpindah dengan mudahnya apabila Anda membersihkan hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Lalu bagaimanakah cara yang terbaik untuk membersihkan hidung Anda? Caranya adalah dengan menggunakan kain tipis yang sudah dibasahi dengan air.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan sarung tangan. Yang terpenting jari Anda jangan bersentuhan langsung dengan organ hidung bagian dalam.

Hindari terkena debu dan polusi

Cara berikutnya adalah Anda sebaiknya menghindari menghisap debu dan polusi. Itu karena debu dan polusi tak baik bagi paru-paru Anda. Caranya mudah sekali, jika Anda menggunakan sepeda motor, sebaiknya Anda mengenakan tutup wajah. Tutup wajah ini dapat membantu menghisap debu dan asap polusi kendaraan, paling tidak meminimalisirnya. Itulah semua tentang bagaimana cara untuk menjaga kesehatan hidung, salam sehat.

Bagaimana Cara Untuk Menjaga Kesehatan Hidung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown